Kamis, 09 Juni 2016

FEATURE "Semangat Seorang Janda yang Tak Kenal Lelah"



Semangat Seorang Janda yang Tak Kenal Lelah

Ratih, seorang pedagang sayur di pasar. Ia sudah 20 tahun menjaadi pedagang di pasar tradisional kemantran kecamatan Kramat kabupaten Tegal. Pekerjaan kecil yang sehari-hari ia jalani tidak membuat Ratih berkeci hati. Seorang janda dari 2 orang anak ini ditinggal suaminya ketika anak mereka masih kecil karena sakit keras. Hal ini menjadikan Ratih lebih semangat dalam bekerja untuk memenuhi segala kebutuhan dirinya dan kedua anaknya. Setiap pagi dengan mengayun sepeda tuanya, Ratih menuju ke pasar untuk berdagang.
Pendapatan yang tidak menentu ini membuat Ratih agar selalu berhati-hati dalam mengatur pengeluaran yang diperlukannya. Ratih semakin bertambah beban yang harus dipikulnya karena anaknya yang masih kecil. Namun ia tetap semangat dalam menjalani pekerjaannya demi menghidupi buah hatinya itu. Ratih tetap bersyukur dengan berapapun yang diperoleh dari hasil berdagangnya di pasar.
Ratih memilih berdagang di pasar karena tak ada pekerjaan lain menurutnya yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki Ratih. Ratih tetap bersyukur menerima dan menekuni apa yang sekarang menjadi rutinitasnya setiap hari tanpa mengeluh. Ia tetap merekahkan senyum sembari menjalankan pekerjaannya sebagai pedagang sayur di pasar. Ratih dikenal sebagai orang yang sabar dan ramah. Ini terlihat ketika ia sedang melayani pembeli yang terkadang tidak sependapat dengannya. Namun Ratih tetap tersenyum menghadapi pembeli yang seperti itu. Hal-hal semacam ini ia anggap sebagai ujian dalam pekerjaan yang sedang dijalaninya itu.
Diusianya yang kini sudah tak muda lagi, Ratih tidak mengenal lelah dalam menjalani pekerjaannya. Ia selalu teringat dengan anak-anaknya sehingga membuat ia harus bekerja keras untuk menghidupi kedua anaknya itu. Menjadi pedagang dijalani Ratih sejak tahun 1994. Pedagang yang selalu tersenyum dan ramah ini banyak dikenal orang sekitar dan juga pelanggan yang selalu membeli dagangannya. Sikapnya yang ramah dan baik ini membuat Ratih disegani oleh banyak orang.

By_CoretanBunga

2 komentar: