Senin, 13 Juni 2016

Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran



Pentingnya penggunaan media pembelajaran


Dalam kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran sangat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik. Oleh karena itu, pendidik dituntut agar melaksanakan pembelajaran yang inovatif, karena pembelajaran yang monoton akan mudah menyebabkan peserta didik merasa jenuh atau bosan saat mengikuti pembelajaran. Apalagi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, tidak sedikit peserta didik yang bahkan menyepelekan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk itu pendidiklah yang berperan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi peserta didik saat mengikuti pembelajaran yaitu dengan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu bagi pendidik dalam memberikan materi. Penggunaan media pembelajaran bertujuan agar ptoses pembelajaran dapat berjalan dengan tepat dan berdaya guna. Penggunaan media pembelajaran juga sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar peserta didik. Dengan digunakannya media pembelajaran, peserta didik akan lebih memperhatikan saat pendidik menjelaskan materi. Media pembelajaran yang menarik tentunya akan lebih meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Dengan begitu maka akan baik hasil belajar yang diperoleh para peserta didik.

Dalam menentukan sebuah media pembelajaran, kriteria yang harus diperhatikan yaitu media yang digunakan saat pembelajaran tentunya harus relevan dengan materi pembelajaran, menyenangkan, komunikatif (bisa dipahami secara bersamaan) dan integratif (berkaitan dengan aspek lain).

by_uyun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar